nonton karnaval (lagi)!!!

Tadi habis nonton karnaval SMP SMA. Wew.. thumb up buat creator handal masing- masing sekolah. Beda sama 2 karnaval sebelumnya, yang kebanyakan masih diikutin orangtua masing- masing. Kali ini pure anak- anak sekolahan semua!! Yaa.. mungkin masih adalah beberapa guru yang mendampingi gitu buat ngasih snack anak- anak muridnya.

Polisi juga banyak yang turun ke jalan. Bayangin aja mungkin ada sampe 3000an masyarakat kertosono dan beberapa wilayah sekitarnya tumplek blek di sepanjang rute karnaval. Karena memang karnaval SMP SMA ini paling ditunggu, soalnya yaa.. selain lebih enak dipandang, juga biasanya peserta karnavalnya lebih tertib gitu.

Berbeda dari tahun- tahun sebelumnya, yang peserta karnavalnya mencapai angka 15, tahun ini hanya 8 peserta. Kalo aku mikir si, yaa.. wajar banget. Masalahnya gini, di itung ajah yaa.. kalo missal sekolah mau nampilin karnaval, gag mungkin dunk gag total??  Jadi pasti yaa.. mereka pengen nampilinnya sekalian yang bagus, sekalian promosi sekolah gitu. Lha orangtua dari masing- masing anak yang diikutin karnaval gag mungkin kan milih yang biasa- biasa aja buat anaknya? Paling gag buat dandan gituan harus merogoh dompet lumayan dalam, mungkin sekitar 200 ribu. Itu kalo dia jalan, lha kalo naek kendaraan?? Bisa jadi 600 ribu! Belom lagi buat uang sakunya? Total 700 ribuan lah. Kalo satu sekolah ngluarin 300 peserta, 150 diantaranya dandan biasa aja, minimal 50 ribu, 70 yang lain dandan minimal 200 ribu, sisanya dandan minimal 600 ribu. Bisa dibayangin berapa total pengeluaran satu sekolah?? MINIMAL 69 jutaan!! Belom lagi ditambah konsumsi guru- guru dan sebagainya. Itu uang emang gag ditanggung sekolahan. Tapi kan itu dana yang lumayan!! Coba kalo dana itu dikumpulin buat yang lebih bermanfaat?? Nah lo..

Makanya tahun ini banyak yang gag ikutan karnaval. Selain yaa.. masalah itu tadi. Gara- gara ini kan mau bulan ramadhan?? Jadi sebisa mungkin harus berhemat. Siapa bilang kalo puasa kita jadi bisa ngirit? Kebanyakan si malah NGGAG!! Kalo aku sii.. biasanya malah bales dendam. Kalo udah sehari gag makan, buka puasanya harus enak- enak! Nah itu dia, bukannya hemat, yang ada malah membiasakan hidup boros. Semoga puasa tahun ini nggag gitu.. hehe.

Balik lagi ke karnaval. Tadi sempat tertohok sama kata- kata seorang guru dari sebuah sekolah yang kebetulan anak didiknya gag ikutan karnaval, ia bilang kurang lebih gini “Wong memperingati hari ulang tahun NKRI koq malah anak- anak murid diajari dandan jadi manten, bukannya jadi pahlawan.”. aku sempat berpikiran macem- macem, masalahnya gini.. biasanya dari segi psikologis (haha!! Sok tau!), orang yang gag bisa menunjukkan kelebihannya, cenderung merendahkan orang lain. “Itu kan bukan ngajarin jadi manten pak!! Itu tuh memperkenalkan pakaian- pakaian adat bangsa kita. Mereka juga ada yang berpakaian jadi dokter yang notabene merupakan pahlawan di bidang kesehatan, terus ada yang jadi guru : pahlawan di bidang keilmuan, juga ada beberapa simulasi tentang teknologi, tentang penyakit jaman sekarang : flu babi, dan sebagainya.” Batinku. Tapi setelah kupikir- pikir orang itu juga ada benernya, banyak yang kadang salah mengartikan kalo karnaval justru sebagai ajang pamer kecantikan, pamer kekayaan, atau bahkan pamer pasangan. Haha.. makanya jangan disalahin kalo ada orang yang berpikiran kayak gitu, kalo emang kenyataannya ada juga yang gitu.

Tadi selesai karnaval liatin jalan raya kertosono yang merupakan kecamatan kecil diujung timur kabupaten nganjuk jadi serasa ngliat jalanan di kota besar!! Gimana nggag? Ada macet sampe kurang lebih 1 kilometer. Bunyi klakson bersautan. Dari arah utara motor- motor sekaligus mobil pribadi merangkak pulang kerumah masing- masing, dari arah selatan truk- truk besar mengangkat tebu berjajar memenuhi jalan. Pak polisi kebingungan! Haha.. **Boleh saya bantu pak??** Untungnya ada alternative jalan.. akhirnya yang kendaraan dari arah utara dipersilahkan melaju terus, berbelok kearah timur : jalan Surabaya, terus langsung ke jembatan lama. Arus dari utara mulai berkurang, berikutnya baru dipersilahkan truk- truk tebu, berbaris satu persatu kearah utara. Selesailah perayaan hari ini!!

11 agustus!! Menyenangkan.

^^Siilahkan berKomentar.. ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s