smadapala ^^

Kalo seseorang menyebut tentang alam, pasti alam bawah sadarku menarikku kedalam sebuah lingkaran besar berlambang gunung dan berlabel SMADAPALA. Bukan sekedar organisasi, bukan sekedar tempat menimba pengalaman, ia adalah rumah. Rumah orang2 yang benar2 peduli pada lingkungannya, pada alamnya.

Sering diingatkan tentang sebuah totalitas dan loyalitas yang tak berbatas oleh alam terhadap kita, jangankan bersikap tak peduli, berada diantara peduli atau tidak (setengah- setengah, red) hanya akan membuat kita sampah.

Saat dimana- mana terjadi bencana, semua orang mengeluh. Coba bayangkan, saat kita mengeksploitasi alam, apa pernah dia mengeluh?? sebisa mungkin alam beri apa yang menjadi kebutuhan kita. Bukankah sebuah hal yang wajar, jika kali ini kita harus membayar semuanya?? meski ini belum, dan mungkin tidak akan pernah dianggab lunas olehnya.

Ahh.. kembali lagi pada smadapala. Rumahku, rumah kita, rumah mereka. Teringat akan saat- saat perjuangan. Salahsatu hal yang paling mengesankan selama aku menjabat menjadi penghuninya adalah WANAGAMA RALLY X.

Waktu tuh, sekolah bener2 gag kasih ijin kita ikutan ke jogja. Tapi dengan tekad kuat kita berangkat. Kendala terberat kita, pas menghadapi panitia yang mEnghujani kita dengan pertanyaan ‘mana surat pengantar dari sekolah?’. Dengan perasaan sedikit takut, kami kompak menjawab, ‘jangankan surat pengantar mbak, ijin aja kita kagak dapet. Jauh- jauh dari kediri sampe sini, masak kita pulang tanpa hasil mbak?’ Setelah kita dilempar dari panitia satu ke panitia yang lain.. akhirnya.. Aku percaya bahwa perjuangan memang tak pernah sia- sia.. Kita tetap bisa mengikuti lomba itu.

Dan kitapun pulang bisa ‘menampar muka’ sekolah. Karena apa??? Karena satu dari 3 tim kita juara 1!! Sejak saat itu, siapa berani meremehkan SMADAPALA?? Siapa??? gag ada..

Dari wanagama, angkatanku belajar banyak. Dan sejak saat itu sistem keorganisasian mulai dirubah sedikit demi sedikit. Hingga sekarang, salut aku lihat adek2 yang luar biasa. Salut liat mereka gag sekedar camping , tapi bener2 ekspedisi.

Kemarin pas diklat angkatan 2013 kebetulan aku ikut, dan tak kusangka.. semuanya luarrrr biaasa! tidak salah jika ini bukan sekedar organisasi, ini adalah rumah. Rumah kita..

Saat di pos tempatku jaga (pos 4 : pos motivasi, red), kutanya seorang adek ‘apa yang terlintas dipikiranmu saat didengungkan kata smadapala?’.. tau jawabnya?? Dia dengan santai menjawab ‘Alammu, alamku, alam kita, kita jaga bersama’.. Setujuuuuu banget!!! Ayo kita jaga alam kita ini bersama. Buat anak cucu kitaa.

Jadi pengen cerita pas di jogja, pas ikutan wrx. Kapan2 ahh.. moga2 sempet nuli.. ^^ Tentang smadapalanya udahan yaa..

One thought on “smadapala ^^

  1. Wah keren ya mas,bisa juara 1 lomba wanagama rally yg tingkatannya nasional.
    Yg mengherankan,namanya pihak sekolah kok selalu begitu ya, di SMA saya juga dipersulit kalo mau ikut lomba,sekolah terlalu cenderung ke lomba2 yg sifatnya akademik aja..
    Kalo boleh tanya, Wanagama Rally kemarin modelnya ketepatan atau kecepatan ya mas? kalo ketepatan, cara memperhitungkannya gimana ya mas?Trus materinya apa aja ya mas?

^^Siilahkan berKomentar.. ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s