7 sumur ide untuk menulis _ versi Tutus

Saya teringat, saat- saat terbaik dimana seolah ada sumur berisikan ide- ide segar yang siap saya timba. Kenapa saya sebut sumur? Alasannya adalah karena itu adalah lubang imaji saya yang teramat dalam dan ide- ide itu seperti air di dalamnya. Tak akan berarti apa- apa jika saya, Anda, kita, tak pernah menimbanya, merealisasikannya dalam jajaran kata- kata! Bener gag? Hehe..

1. Pas lagi ngumpul sama orang- orang yang tersayang
Saat- saat dirumah adalah dimana ide- ide dalam sumur saya terisi hampir penuh, tak heran jika banyak tulisan saya dibuat di Kertosono, tempat semua keluarga saya berkumpul. Di tengah- tengah mereka, saya merasa waktu seolah tak berdetak, perasaan saya membeku seketika. Rasa hangat mengaliri tubuh saya, menggelitik tangan- tangan saya untuk segera membekukan ide itu, menjadikannya ‘sesuatu’.

2. Pas di atas motor, berpacu antara jarak dan waktu
Saat sedang berkelana, memacu motor saya, banyak hal yang terekam oleh mata. Dan rekaman itu memancing memori- memori lama yang akhirnya merasuki kembali angan- angan saya. Menjadikan sumur saya terisi. Sayangnya sumur ini sering kering dengan sendirinya karena biasanya setelah menempuh perjalanan jauh, badan saya didera letih, akibatnya saya sering malas untuk menimba .

3. Pas lagi sendirian, ngeliat langit yang luas.
Gag ngerti kenapa, saya suka sekali dengan yang namanya langit. Ini mungkin sudah terlihat di blog saya. Hehe.. gag papa saya ulang- ulang, sapa tahu ada yang gag ngerti.🙂 Setiap saya melihat langit, selalu saja ada yang terlintas di benak saya. Mungkin tentang kesederhanaannya, tentang luasnya, tentang kuatnya, tentang mimpi, tentang kekurangan saya, tentang seseorang, tentang apapun. Saya cinta langit!

4. Pas lagi ………. Banget.
Yahhh ini sih umum. Karena memang rata- rata tulisan saya adalah cerita tentang diri saya. Jadi yaa sudah biasalah, pada saat- saat istimewa hidup pasti ingin saya abadikan dalam rangkaian kata entah itu susah, sedih, kecewa, bangga, senang, bahagia, puas, dan 1001 rasa unik lainnya yang kesemuanya diimbuhi dengan kata ‘banget’.

5. Pas lagi teringat benda- benda kesayangan
Yahhh..banyak benda yang pernah mempunyai arti mendalam dalam sejarah hidup saya, yang ingin saya kenang sampai nanti ketika rambut saya memutih dan tak lagi mampu mengingat apapun yang terbilang sepele. Oleh karenanya, saya selalu ingin mengabadikannya dalam bentuk tulisan, begitu juga benda- benda kesayangan. Terbukti dengan adanya beberapa posting saya tentang benda- benda kesayangan. Mulai dari gelang, jaket, hape, motor, sampai kamar kost saya. Hehe..

6. Pas abis baca atau mendengarkan sesuatu, entah buku, kutipan, atau kata- kata apppaaa..
Yang satu ini biasanya kata- kata yang membuat hati saya terpahat, atau secara kebetulan menyentil kebutaan saya, atau bisa dibilang kata- kata yang mengena, tepat sasaran, membidik perasaan saya. Sehingga kata- kata itu ingin saya tulis ulang berdasarkan versi saya.🙂

7. Pas lagi gag ada ide! Nah loo..
Saya juga bingung sendiri, wong sumur lagi kosong terus apanya yang mau ditimba?? Gini. Adakalanya, saat sumur mengering bukan berarti tak ada air! Butuh dipancing. Pernah liat kan, ada orang yang lagi memperdalam sumur? Nah itu dia. Sumur ide kalo lagi kosong, bukan berarti tak ada ide, ia hanya butuh dipancing agar mendapat ide- ide baru yang lebih segar. Saat seperti itu, biasanya saya menekan- nekan keyboard tak jelas, hingga akhirnya membentuk satu tulisan utuh.

Nah tu dia, 7 sumur ide saya. Sapa tau ada yang gag puya banyak sumur, bisa coba salahsatu sumur ituh. Ato kalo ada yang punya sumur berlebih, bisa tolong di share ke saya..🙂

Semoga bermanfaat…

8 thoughts on “7 sumur ide untuk menulis _ versi Tutus

  1. Pingback: Kenikmatan Menulis « Tuaffi’s Weblog

  2. saya lebih sering dapet sumur idenya pas lagi do motor…tapi tidak mnutup kmungkinan juga mendapatkan sumur idenya dari kmr kcil, bahkan ide dalam sumur yang satu ini bisa sampai terisi penuh semua😀

^^Siilahkan berKomentar.. ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s