7 tips kala ban bocor _ versi Tutus

Cerita sedikit tentang kesialan saya beberapa bulan yang lalu. Saat saya yang sedang melamun tentang sesuatu hal di jalan, mendadak motor yang saya tumpangi oleng. Segera saya sadar, ban belakang motor bermasalah, bocor. 2 kali sudah saya mengalami nasib demikian, dengan motor yang sama, dan kota yang sama : KRIAN.

Tragedi pertama, terjadi di pagi buta. Gila! Saya bingung bukan kepalang, tapi tetap harus tenang. Di depan mata saya sebuah pos satpam, tak pikir panjang segera saja saya parkir motor di depan pos, sambil bertanya apakah ada tukang tambal ban buka di sekitar situ. Ternyata ada, tapi baru buka setelah jam 7 an, sementara waktu itu masih jam 3 pagi. Terpaksa. Saya menunggu, tapi tak apalah.. Yang penting selamat.🙂

Tragedi kedua, terjadi si senja hari. Oke, saya cukup terselamatkan dengan keadaan yang waktu itu masih terang benderang, jalanan juga cukup ramai, maklum jam pulang kantor. Tapi setelah saya lihat sekitar, tidak ada tukang tamal ban. Dan setelah Tanya ke salah satu penjaga warung, akhirnya saya tahu tempat tukang tambal ban terdekat. Cukup jauh. Cukup lelah untuk saya yang kecil ini, berjalan dengan kaki- kaki kecil, menuntun motor yang cukup besar dengan tangan- tangan kecil saya. Tapi, yang terpenting adalah, saya lagi- lagi selamat.

Saya jadi terpikir, beberapa tips jika Anda mengalami hal yang sama :

  1. Jangan bingung, berpikir jernih adalah satu- satunya cara agar Anda tetap selamat. Kalau Anda bingung, kemungkinan besar yang Anda dapat adalah kebingngan semata, bukan secercah cahaya terang – petunjuk.(ya iyalah!)
  2. Waspadalah dengan orang sekitar Anda, bisa jadi ini menjadi salahsatu modus curanmor, tapi.. sapa juga yang mau nyuri sepedamotor dengan ban bocor. Rugi nuntun, keburu ketangkap. Hahaha..
  3. Jika sudah malam dan daerah sekitar sepi, segera cari tempat yang aman. Pos satpam, warung yang terang (jangan yang remang- remang. Berbahaya!), rumah penduduk, atau apalah.. yang penting aman!
  4. Periksa dulu ban kendaraan Anda, jika memang bocor karena paku, kemungkinan besarnya adalah ada tukang tambal ban di sekitar situ yang sedang mencari keuntungan atas kesialan Anda. Jadi pasang mata baik- baik, cari tukang tambal ban di sekitar TKP.
  5. Namun jika memang bocor karena hal lain, misalnya : tiba- tiba nongol duri- duri sepanjang jalan, atau mendadak bocor tanpa sebab atau alasan yang jelas. Berdoalah! Dan siap- siap menempuh perjalanan mencari tukang tambal Ban terdekat.🙂
  6. Ada baiknya, Anda mempunyai keahlian tertentu untuk menambal ban Anda sendiri. Juga menyediakan alat tambal ban portable pada kendaraan Anda. Silahkan cari di toko terdekat. ^^
  7. Mencegah lebih baik daripada menambal, jadi ada baiknya Anda membeli ban yang terbuat dari bahan anti tembus, anti bocor, anti pecah, dan anti- anti yang lain. ^^

Selamat mencoba.

^^Siilahkan berKomentar.. ^^

