Kenikmatan Menulis

Hari ini, tanpa UAS, saya habiskan untuk sekedar jalan- jalan ke blog orang sampai mata dan modem terasa panas.🙂 Kemudian melihat- lihat daftar bacaan, tertarik pada salah satu judul : Menulis untuk Sebuah Kenikmatan. Saya ingat membeli buku ini pas ikut kekasih lomba rubik di Gramedia Expo beberapa bulan lalu dan sampai tadi belum saya baca sampai tuntas. Hehehe.

Buku yang hanya 158 halaman dengan tulisan yang tidak menyiksa mata (berjarak longgar dan banyak gambar)ini sangat sesuai untuk Anda yang sampai sekarang kesulitan untuk menuangkan barisan kata atau Anda yang berpikir bahwa menulis itu tidak ada gunanya. Kenapa saya katakan demikian adalah karena di buku ini berisi tentang alasan, cara, manfaat, sampai latihan menulispun disediakan.

Untuk apa sih repot- repot menulis, kalau hanya bercerita kan mulut juga bisa? Hmm.. Dengan cerita lewat lisan, mungkin hanya terbatas orang yang bisa mendengar cerita kita, kalaupun kita ingin semakin banyak yang mendengar, maka harus cerita lagi berulang- ulang, atau yang paling praktis dengan merekam cerita kita dan menyebarkannya. Sayangnya tidak semua orang punya keberanian yang cukup untk menyampaikan pendapatnya dengan lisan, tidak semua orang punya alat perekam. Untuk itu, menulis adalah jalan pintas nan murah agar cerita yang Anda lebih banyak diketahui orang. Saya pernah baca suatu kutipan entah dimana ‘Kalau Anda ingin mengetahui dunia, membacalah. Kalau Anda ingin dunia mengetahui Anda, menulislah.’.

Menulis itu tidak repot kok. Kalau ada yang bilang ide itu mahal harganya, salah besar. Ide itu bisa didapat dari mana saja, saya pernah menuliskannya disini. Ide untuk menulis ada dimana- mana, misalkan saja sedang melewati perempatan jalan yang ada lampu lalu lintasnya dan ada seseorang yang tetap saja melaju meski lampu berwarna merah.. Itu juga bisa dijadikan tulisan.:) Atau seperti yang dicontohkan di buku ini, tentang penulis yang menemukan ide ketika sedang mengajar di depan kelas dan ketika sedang bersama rekannya sesama dosen muda. Apa perlu membayar untuk ide itu? Tentu saja tidak.

Menulis juga banyak manfaatnya. Salahsatunya adalah memberi nutrisi pada otak, dengan menulis otak akan terbiasa berpikir bagaimana cara mengkomunikasikan tulisan dengan baik, tentunya hal ini bisa memperkaya bahasa, menajamkan pola berpikir, dan melatih kreatifitas. Menulis bisa meningkatkan nilai diri, karena ketrampilan ini membuat kita semakin rajin untuk meng-update ilmu yang sudah dimiliki. Menulis juga sebagai ajang meluapkan perasaan, sebagai aktualisasi diri, sebagai ajang rekreasi, dan ada pula yang menganggap bahwa dengan menulis bisa mendapatkan pendapatan. Nah.. Kalau ada manfaat yang lain, silahkan ditambah sendiri..🙂

Banyak lagi informasi di buku ini terkait tulis menulis. Buku yang terbit pada September 2007, karya W. Nugroho ini layak untuk dimiliki.

Hmm.. Kalau yang ingin sekedar baca, berada di seputaran Surabaya dan ingin pinjam buku ini.. Silahkan, tapi wajib dikembalikan. Hehe

**Sumber gambar, langsung klik gambar

26 thoughts on “Kenikmatan Menulis

  1. Menulis itu memang menyenangkan. Juga pas untuk orang yang setidaknya malas ngomong seperti saya ini. Hehehe.

    Oia, ini pertanyaannya rada OOT. Tapi gpp ya?😀
    Saya nanya dong, gimana cara bikin widget blogroll yang di samping itu ya? Sudah desperado tingkat dewa nih nyarinya dari tahun kemarin gak nemu-nemu. Hehehe😛

    Makasih sebelumnya ya.

  2. Pingback: FAQ (Frequently Asked Question) « Gandi Rizal

  3. Dengan menulis, saya terwakili untuk berada di mana saja, termasuk ke tempat yang saya tidak pernah kunjungi. Ya, kayak komen ini… Hehe🙂 salam kenal

  4. “Menulis juga banyak manfaatnya. Salahsatunya adalah memberi nutrisi pada otak, dengan menulis otak akan terbiasa berpikir bagaimana cara mengkomunikasikan tulisan dengan baik, tentunya hal ini bisa memperkaya bahasa, menajamkan pola berpikir, dan melatih kreatifitas…”

    Itu yang pernah saya pikirkan juga🙂
    Nice post, mba!

^^Siilahkan berKomentar.. ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s