#1 mencari masalah

Seharian kemarin mencari- cari masalah yang memungkinkan untuk skripsi. Benar memang apa yang dikatakan teman saya pada status facebook nya : Mencari topiK skripsi lebih sulit daripada mencari lelaki berparas tampan. Haha.. Beruntung, dalam sehari menemukan 3 topik besar skripsi. Bimbang untuk memilih salahsatu, akhirnya saya memutuskan untuk menemui pembimbing saya hari ini.

Saat mengungkapkan maksud hati, segera Ibu pembimbing memotong dengan menawari saya untuk melanjutkan skripsi kakak kelas, yang kebetulan saya tergabung dalam proyek PKM nya. Saya dengan tidak enak hati menolak, menyatakan ketidaksanggupan. Ibu pembimbing masih mendesak dengan mengatakan bahwa orang berbasis teori akan lebih mudah memahami Logika Fuzzi. Mengingat Ibunya mengenal saya sebagai orang dengan basis teori yang memadai (padahal saya merasa tidak, kalaupun iya.. Itu dulu. Hahaha).

Sebenarnya kalaupun saya ingin berusaha, sangat mungkin saya bisa memahami logika Fuzzy, namun ada alasan lain. Saya mempunyai tekad untuk tidak ingin seperti mahasiswa kebanyakan yang datang pada dosen dan meminta judul. Apa artinya masa kuliah saya, jika di tahun ketiga ini pikiran kritis untuk menciptakan sesuatu saja tidak punya. Saya ingin mempunyai ide sendiri terkait masalah di sekitar saya, kemudian menanyakan pada dosen pembimbing ‘apakah ide saya layak dijadikan skripsi?’, ‘apakah mempunyai gengsi yang cukup tinggi?’. Jika iya, saya akan melaksanakan. Jika tidak, saya tidak akan berputus asa untuk mencari lagi.πŸ™‚

Well.. Setelah sukses menolak, saya mengungkapkan satu per satu ide saya :

  1. Laser hair removal, sesuai dengan namanya, ini adalah laser yang digunakan untuk menghilangkan bulu- bulu yang tidak dikehendaki. Misalnya saja bulu ketiak, bulu di seputar wajah, bulu pada kaki, tangan, dan di tempat yang lain. Ini memang sudah cukup banyak diterapkan pada salon- salon, tapi mempunyai efek samping yang cukup berbahaya, olehkarenanya saya tertantang untuk membuat sesuatu yang baru. Tanggapan Ibu pembimbing cukup positif, menyenangkan hati saya.πŸ™‚
  2. Laser pada proses tooth whitening yang umum digunakan pada salon gigi. Menurut apa yang saya baca laser ini terbuat dari UV, itu artinya mempunyai efek yang cukup serius jika terkena mata ataupun kulit dengan dosis berlebih. Lebih dari itu, zat kimia yang digunakan untuk mempercepat kerja laser dapat menyebabkan kanker lidah. Saya mencari lebih lanjut ternyata ada penelitian yang mengganti laser UV dengan laser merah dengan power rendah, Ibu pembimbing juga menanggapi dengan positif ide saya untuk melanjutkan penelitian itu dengan memvariasikan beberapa variabel.πŸ™‚
  3. LASIK (laser-assisted in situ keratomileusis). Untuk ide terakhir ini, saya kurang begitu yakin. Selain karena alatnya yang kemungkinan tidak ditemukan pada lab kampus, sampel yang digunakan adalah kornea. Nah? Tentu akan banyak uang yang keluar untuk membeli kornea, itu kalau ada. Tapi Ibu pembimbing memberi jalan keluar agar menggunakan artificial kornea dan menyatakan β€˜mungkin’ untuk melaksanakan ide ini.

Rasanya plong sekali setelah mengetahui bahwa kesemuanya mungkin, sekarang saatnya untuk menggali lebih dalam satu per satu. Dan setelah semuanya saya kenali, saya akan memilih.. Jujur saya cenderung pada pilihan ke 3, kalau menurut Anda bagaimana?πŸ™‚

37 thoughts on “#1 mencari masalah

  1. fi,, lo skripsinya buat hardwarenya juga kah? Kalau dikampus aku dulu cuma buat software aja,, kalau ada pake hardware dikit banget deh..

    Sukses deh buat skripsinya.. Kalau aku lebih ke nomor 1,, nilai jualnya lebih banyak sepertinya, hehehe

  2. Lho, di jurusan kalian kalau mau topik harus mencari sendiri?
    Kalo di jurusan saya sih nggak, udah banyak ada proyek riset yang dilakukan dosen saya, dan satu proyek itu bisa dijadikan 4 judul skripsi.πŸ™‚
    Belom kalo kita mahasiswa minta langsung secara pribadi ke dosennya, “Pak, saya mau minta topik TA”, kemungkinan besar dikasih.πŸ˜€

    • di jurusan saya juga gitu, kalau mau gabung dengan penelitian dosen atau minta judul ya pasti dikasih. Tapi apa salahnya dengan berpikir kritis sendiri?

      Saya tidak ingin seperti mahasiswa kebanyakan, yaaahh.. mungkin sedikit menyombongkan diri, tapi saya ingin skripsi ini adalah hasil perkuliahan saya 4 tahun.. Hasil saya menganalisis masalah di sekitar saya dan menerjemahkannya dalam keilmuan saya.πŸ™‚

  3. wew. idenya bagus2 dan menarik (karena saya nggak ngertiπŸ˜› ).
    sukses deh.. semoga mengolah ‘masalahnya’ nggak bermasalah ya mbak. xixi.πŸ˜€

^^Siilahkan berKomentar.. ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s