7 tips mencari masalah _ versi Tutus

Skripsi adalah tugas besar yang dibebankan pada mahasiswa tingkat akhir perkuliahannya. Skripsi bisa menjadi momok yang paling serius bagi mahasiswa yang mempunyai persiapan kurang, namun hal ini tentu saja bisa diantisipasi dengan persiapan yang matang dari jauh- jauh hari.

Hal pertama yang paling penting dalam pembuatan skripsi adalah ide skripsi itu sendiri, sayangnya seringkali mahasiswa terlena dalam upaya mempersiapkan ide untuk proyek besarnya nanti. Untuk itu, saya berusaha membagikan cara mudah sekaligus ampuh dalam menemukan masalah untuk skripsi. Hehe.. Sesuai judulnya, tentu saja ini berdasarkan pengalaman pribadi saya.🙂 cekidot..

  1. Kenali diri Anda, jurusan yang Anda geluti, dan bidang yang Anda minati. Benar kata pribahasa : Tak kenal maka tak sayang. Untuk itu, hal ini merupakan langkah awal yang justru merupakan pondasi yang paling penting agar Anda menjalani skripsi dengan penuh rasa sayang *walah*.
  2. Pahami apa hobi Anda. Misalnya saja, ketika Anda menyenangi teknologi terkait gaya hidup, cobalah mengeksplornya, siapa tahu Anda mendapat ide semisal : membuat laser hair removal, teknologi tooth whitening, masker emas, atau apalahh..
  3. Peka terhadap kebutuhan masyarakat. Pahami apa masalah yang ada di sekitar Anda, kemudian rumuskan dengan menggunakan pemahaman terkait keilmuan yang Anda tekuni.
  4. Pilihlah Dosen, guru, senior yang mendukung dan memotivasi Anda. Pilih pula teman yang mengajak pada kebaikan. Ini akan sangat membantu Anda untuk berdiskusi terkait permasalahan- permasalahan yang mungkin Anda temukan selagi mencari ide.🙂
  5. Jika ide tak kunjung dapat, Anda bisa pula memodifikasi skripsi senior. Bukan membajak loh ya.. Tapi memodifikasi! Seringkali pada bagian akhir buku skripsi terdapat saran untuk penelitian berikutnya, nah saran itulah yang dapat Anda jadikan ide untuk skripsi.
  6. Berselancar di internet juga salah satu cara untuk mencari topik- topik terkini. Olehkarenanya, manfaatkan dengan bijak.
  7. Terakhir, jangan paksakan diri Anda. Kadangkala kreatifitas justru bermunculan saat otak tidak dalam kondisi tegang.

Dan.. Itulah semua yang bisa saya bagikan kepada teman sekalian. Semoga tulisan ini menginspirasi.

Kalau ada yang ingin ditambahkan.. Silahkan…🙂

58 thoughts on “7 tips mencari masalah _ versi Tutus

  1. Assalamu’alaikum, maaf sebelumnya, kami lancang, mau bertanya bagaimana cara mencari permasalahn yag sekiranya bsa dijadikan judul skripsi….

^^Siilahkan berKomentar.. ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s