kerja dan kuliah, siapa takut?!

Dunia kerja sama sekali berlawanan dengan dunia perkuliahan. Dunia kerja menuntut pekerja minim kesalahan, bertemu dengan banyak aspek kepentingan, juga bertumbukan dengan bermacam kepribadian. Sedang dunia perkuliahan, layaknya tempat sekolah biasa, hanya saja seorang dosen tidak lagi menyuapi mahasiswa dengan ilmu yang ia punya. Mahasiswa dihadapkan pada pilihan ‘menjadi aktif’ atau ‘tertinggal’.

Menjadi seorang mahasiswa sekaligus bekerja merupakan tantangan tersendiri bagi seseorang, mungkin Anda salahsatunya. Semuanya meminta waktu khusus, meminta untuk dijadikan prioritas pertama dan utama, dan tidak lupa adalah meminta pertanggungjawaban Anda. Di satu sisi, Anda mempertanggungjawabkan perkuliahan kepada orangtua dan di sisi lain, Anda turut pula mempertanggungjawabkan pekerjaan pada atasan.

Siapa yang tidak ingin, menjadi lulusan terbaik dengan karir yang sudah berada di puncak? Tentu saja tidak ada. Untuk itu, banyak hal yang perlu dicermati selagi merangkap sebagai mahasiswa dan pekerja.

repotnya kuliah sambil bekerja

repotnya kuliah sambil bekerja

Yang pertama adalah tanamkan terlebih dahulu niatan untuk melakukan kesemuanya dengan senang hati. Karena hanya dengan melakukannya dengan perasaan senang, maka semua yang berat akan tersa lebih ringan. Meskipun tugas kuliah dan tugas kerjaan menumpuk, waktu istirahat Anda terkuras, Anda tetap akan menjalaninya dengan senang hati.

Menjaga kondisi fisik dan mental juga hal yang penting. Jangan membiarkan tubuh terserang penyakit, makan- makanan yang bergizi, olahraga yang cukup, dan istirahat teratur. Penyakit mental juga harus dihindari, seperti menjadi pesimis, gampang mengeluh, dan sebagainya, dengan cara mengingat- ingat tujuan akhir Anda. Mengingat kesuksesan yang Anda akan raih jika terus menjalani keduanya.

‘Lakukan sedikit lebih.’ Pahami sekaligus resapi kalimat ini. Anda perlu mengorbankan sedikit lebih banyak waktu, tenaga, dan pikiran Anda. Jangan mudah berpuas diri, kejar target Anda secepat yang Anda bisa. Jangan mudah berputus asa. Segala sesuatunya, do a little bit more.🙂

Kesemuanya, tentunya kembali pada diri Anda. Jangan pernah takut untuk kembali ke titik awal, jika memang merasa tidak mampu. Karena hal terpenting yang seringkali dilupakan adalah kenyataan bahwa Anda layak untuk hidup bahagia dan merdeka. Jadiii.. Bekerja dan kuliah, siapa takut..🙂

dibuat untuk menasehati diri sendiri.

50 thoughts on “kerja dan kuliah, siapa takut?!

  1. bekerja dan kuliah, sesuatu yg pengen banget gw jalanin dulu.. berat, tp niat yg tulus dan semangat keras, itu poinnya.. semoga menjadi motivasi buat mahasiswa2 yg ingin melakoninya.. keep spirit : )

^^Siilahkan berKomentar.. ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s