inses

Pertanyaannya selama ini tentang sosok ayah akan ia temukan jawabannya. Utami mengetuk pintu yang memang tidak tertutup itu pelan. Seorang lelaki paruh baya menoleh kearahnya.

“Siapa?” katanya.

“Hmm.. Saya Utami,” jawab Utami ragu.

“Utami?”

“Saya ingin mencari ayah saya,” Utami menghampiri lelaki itu dan menunjukkan foto yang ia bawa. Foto sepasang pengantin muda dan orangtua salah satu mempelai.yang ia temukan di bawah bantal ibunya. Ibunya mungkin sengaja menuliskan alamat dibaliknya, agar Utami menemukan lokasi dimana foto itu diambil.

***

Lesung pipi perempuan muda ini mengingatkanku pada Yanti, anak perempuanku yang dipisahkan dari keluarga ini karena salahku. Dan benar, ia menunjukkan selembar foto Yanti dan kakaknya berpakaian adat saat mengikuti pawai kelurahan memperingati kemerdekaan RI puluhan tahun lalu.

“Kamu anak Yanti? Bagaimana sekarang kabarnya?” lanjutku.

“Iya Kek, ibu meninggal dua hari lalu,” ia mengangguk dan sekali lagi memperlihatkan lesung di pipinya meski matanya berkaca.

Aku memeluknya spontan, dengan perasaan bercampur sedih, haru, dan bingung. Sedih karena anakku meninggal. Haru karena aku akhirnya bertemu dengan anaknya. Dan bingung, apakah aku memanggilnya anak atau cucu.

14 thoughts on “inses

  1. Hehe, Flash Fiction yang menarik🙂
    Tapi, tetap saya tak habis pikir, bagaimana bisa Utami tak bisa membedakan antara Foto Pernikahan dengan Foto Pawai Kelurahan?
    Kecuali disini Utami masih kecil, jadi belum begitu mengerti perbedaan pernikahan dan pawai kelurahan. Soalnya saya tak menemukan informasi berapa usia Utami disini. :rool:
    Tapi tak apa, tanpa penjelasan detail pun saya tetap bisa memahami cerita ini🙂
    Kisah cinta yang tak mainstream selalu menarik untuk diangkat:mrgreen:

^^Siilahkan berKomentar.. ^^

