maling!

Apa yang menarik dari hari ini adalah ada seseorang -katakanlah maling- menguntit kos saya.

Saya tidur cukup awal hari ini karena kelelahan dan terbangun pukul sepuluh malam. Karena kos masih rame, saya keluar kamar untuk sekedar menunggu kantuk datang kembali.

Satu per satu teman kos masuk kamar masing- masing, tinggal saya yang nonton TV dan Evi yang nyuci baju sambil ikut pula nonton TV. Saya memang sengaja menunggui Evi selesai mencuci, yahh.. karena menurut saya, iya menurut saya ia butuh teman.

Setelah Evi bilang ia sudah selesai, saya masuk kamar. Niatnya sih mau tidur, tapi gagal. Sampai akhirnya saya dengar ada motor parkir di depan pintu gerbang dan gerbang terbuka. Jam- jam segitu memang bu kos datang untuk mengunci pintu. Tidak lama kemudian ada teriakan. “Maliiinggggggggg… Malinggg.. ” Begitu sampai tiga atau empat kali. Keras sekali, saya tahu tidak sedang bermimpi.

Badan gemetaran, saya nyalakan lampu dan mengunci kamar dua kali untuk memastikan saya aman. Tapi kemudian teringat motor ada di luar, langsung saja saya keluar, disusul yang lain. Bu kos masih teriak- teriak dan saya cek motor saya aman. Alhamdulillah. Tetep ya, egois.😀

Setelah bengong beberapa lama, tanpa diperintah, kami membentuk forum di depan TV. Ternyata beberapa kehilangan belakangan ini -helm, HP, uang, dll- yang semula tuduhkan pada bu kos, terjawab sudah.

Beberapa hari yang lalu sudah ada yang memergoki seorang lelaki masuk ke kos pukul 4 pagi! Untung ada mbak kos yang tahu, dia masuk kerja pukul 5 dan baru selesai mandi saat melihat gerbang sudah terbuka lebar tanpa suara. Yang dilihatpun segera lari dan mbak kos hanya bengong, tak tahu harus berbuat apa. Esoknya bu kos segera mengunci kos setiap malam. Memang dulunya kos saya hanya dikaitkan dengan gembok, tanpa dikunci, supaya kalau ada yang pulang malam karena lembur, penghuni kos bisa membukanya sendiri tanpa memanggil bu kos. -Saya baru tahu cerita ini barusan!

Asumsi saya. Namanya maling ya, tahu saja letak celahnya. Kos saya ada dua lantai, tepat di belakang kos ada kali yang (katanya) sangat dalam. Di bagian belakang kos ada lahan kecil  memanjang untuk parkir motor. Memang terbuka, tapi rasanya susah untuk seorang dewasa lewat situ karena antara dinding dengan atapnya disulam dengan kawat berduri. Sedangkan bagian atas seperti terowongan (lubang di kedua ujung) yang sisi kanan kirinya adalah kamar kos. Atap tetangga kanan kiri sedikit lebih rendah daripada lantai kedua kos saya, dengan sedikit keahlian, mudah saja melompat melewati beberapa atap tetangga, berjalan di atas atap transparan lantai satu (atap di atas lahan parkir belakang), kemudian masuk ke teras belakang lantai 2.

Jika sudah masuk lantai 2, bersembunyi selagi mengamati sampai kos bawah sepi. Setelah itu terserah mau apa.

Sayang sekali malingnya tidak berhasil ditangkap. Bu kos memergokinya saat berjalan di atas atap transparan. Menyadari ada yang berteriak, maling tadi lari dari atap ke atap, kemudian masuk ke sungai.

😦 Sekarang.. Malingnya meninggalkan ketakutan dan trauma pada diri saya. Saya sedang memikirkan beberapa kemungkinan :

1. Saya beli kunci ganda motor. (ini kayaknya wajib ya)

2. Pindah kos.

3. Masukin motor ke dalam kamar.

Yahh.. Entahlah. Lihat besok.

Kejahatan bukan hanya karena ada niat pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan. Waspadalah!😀

18 thoughts on “maling!

^^Siilahkan berKomentar.. ^^

