(sekedar) percayalah

Percayalah.

Ketika kau bertemu dengan seorang yang kakinya terpenggal salah satu. Jangan mengajarinya berjalan. Dia sudah tahu.

Atau saat bertemu seorang kelaparan. Jangan menyuruhnya mencari makanan. Dia sudah tahu.

Dan saat kau bertemu seseorang yang ketinggalan jadwal mengumpulkan skripsi. Jangan memintanya segera mengerjakan. Dia sudah tahu.

Cobalah memandangnya dari sisi yang bisa dipandang, bukan sisi yang bisa dihujani hujatan. Ya, meskipun itu pantas untuk kau rendahkan dan tertawakan.

Pengalaman? Iya!

Rasanya? Jangan ditanya! Kalau saya tidak percaya bahwa sesal datang dibelakang, ingin saya sumpal mulutnya. Saya teriaki telinganya bahwa sebelum ia mengenakan sepatu saya dan berjalan pada rute yang saya lalui, ia sama sekali tidak berhak menertawakan saya.

Tapi tenang saja, saya tidak mendendam pada siapapun, meski saya tidak mempunyai kapasitas untuk mengampuni. Yang bisa saya lakukan hanya berdamai dengan sisi gelap saya sendiri. (Mengutip Jati dengan sedikit perubahan.)

Di saat- saat seperti ini, saya tahu mana yang sekedar ingin tahu untuk menertawakan dan mana yang peduli serta mengulurkan tangan. Silahkan kelompokkan kau dimana.

Hei, aku dan x sudah ngumpulin tadi. Kamu kapan? Hahaha, ayo wisuda bareng.

Hahahahahaha… Tutus ambil data saja belum.

Ayo tanya ke Mbak Y dulu kapan yudisium yang buat November.

Sudah, jangan dipikir. Kalau cuma gara- gara itu stress, rasanya perlu ditegaskan lagi niatnya lulus buat apa.

Loh? Kamu belum ambil data? Kok bisa?

Alatmu kapan jadinya? Lama banget.

Skripsinya gimana? Ya ndang dikerjakan.

Dan percayalah.

Jika ia tidak menceritakan kenapa kakinya terpenggal, kenapa kelaparan, dan kenapa ketinggalan skripsi, maka ia tahu bahwa kau adalah pihak yang menertawakannya. Dia tahu.

Tapi bila itu tidak benar, setidaknya menurutmu, tunjukkan padanya. Mungkin ia salah.

6 thoughts on “(sekedar) percayalah

^^Siilahkan berKomentar.. ^^

