Ibuk

Bisa jadi seseorang butuh waktu, yang seolah selamanya, untuk percaya pada kita. Saya pernah mengalaminya, mungkin karena pernah mematahkan, sehingga sudah melakukan yang terbaikpun tetap saja sia- sia. Tak apa..🙂

Bukan itu yang akan saya ceritakan, karena entah oleh apa, untuk percaya, bisa jadi seseorang tak butuh waktu sama sekali. Ibuk (calon mertua), contohnya.

Beliau sekalipun belum pernah bertatap muka dengan saya. Pun beliau tidak mengenal saya dekat. Tak juga pernah berbincang, meski sepatah kata. Mungkin hanya selintas cerita dari anaknya, yang sejujurnya juga belum lama tahu saya. Namun, beliau percaya saya akan berusaha membahagiakan anak bungsunya.

Saya teringat saat silaturahim ke Surabaya, ibuk menuntun saya memperkenalkan, ‘ini, bude mbak, mbaknya bapak.’ dan, ‘ini, Tutus, calonnya Bayu.’😀 Begitu seterusnya sampai ke mbah buyut.

Lalu, sewaktu acara, pas pakde bersikeras mau nyocokin weton dan sebagainya. Sedangkan keluarga saya ngotot
, pakai cara islam saja, tidak perlu begituan, ‘lah kalau tidak cocok, apa mau dipisahin?’ Ibuk yang jadi penengah, ‘sampun ta pakde, yang penting lare kaleh (anak dua) sudah sama- sama senang. Sampun, pakde.’ Lugas. Sederhana, tapi membuat saya merasa sangat diterima.🙂

Pulangnya, ibuk bilang ke saya, ‘Mbak, Mas Bayu dijaga baik- baik ya.’ Saya mengiyakan, siapa yang tega menciderai percayanya? Saya tidak.🙂

Beberapa hari yang lalu, ngobrol sama kekasih.
Mas : Ibuk bilang, kalo misal bisa aja.. kita bulan ini menikah.
Saya : Iya? Kenapa?
M : Ya pengen anaknya ndang bahagia sama orang yang disayanginya.
S : …

See? Kenapa saya bilang, memang gak butuh waktu lama untuk seseorang percaya dengan kita.

Sudahlah..

Hmmpphh.. Kalau lihat lagi kebelakang, rasanya kok ya cepet banget. Eh, pas lihat kedepan, bulan xxx masih banyak bulan lagii.. Lama..😀

Semoga semuanya dimudahkan.. Ammiinn..

6 thoughts on “Ibuk

^^Siilahkan berKomentar.. ^^

