Pindahan

Sejak berencana menikah, si mas dan saya memang ingin sama- sama tinggal di Surabaya. Dalam waktu dekat, kerjaan saya tidak memungkinkan untuk ditinggal, tapi pelan- pelan akan bisa diurus dari jarak jauh. Insha Allah.πŸ™‚ kemarin sudah pernah coba untuk 2 minggu, lancar kok. Semoga lancar terus…

Hari ini (1/6) saya mulai ngurus surat pindah. Ini panjang dan cukup melelahkan.

Langkah 1 : minta surat pengantar dari RT dan RW setempat.

Langkah 2 : meminta surat pengantar dari desa.
Jangan lupa persiapkan dokumen berikut :
1. Surat pengantar dari RT dan RW
2. KK dan KTP asli dan salinannya
3. Salinan akta dan ijasah
4. Fotokopi buku nikah yang di legalisir KUA
5. Pas foto dengan background merah 11 lembar (untuk desa butuh 6 sisanya untuk skck)
6. Persiapkan ktp suami (untuk menyalin alamat yang dituju)
7. Alasan pindah
8. Pengikut (bagi yang mempunyai anak)

Di desa, saya dibuatkan beberapa
surat pengantar. Biaya administrasi : seikhlasnya. Hehe. Berikutnya, lanjut ke polsek untuk membuat skck.

Langkah 3 : menuju polsek terdekat.
Dokumen yang dibutuhkan : 1 salinan akte lahir, kk, ijazah, dan ktp, ditambah pas foto 4 lembar. Biaya administrasi : 10 ribu.

Jujur saja, di tahap ini saya mesti ke tukang fotokopi lagi, karena stok yang saya punya masing- masing cuma 2 lembar. Jadi, ini pelajaran buat saya untuk membawa salinan minimal 4.πŸ˜€ ohya, jangan lupa bawa bolpoin. Ini penting untuk mengisi 3 lembar formulir.

Langkah 4 : kecamatan.
Dokumen yang dibutuhkan : skck asli, dan 1 lembar masing- masing salinan skck, kk, buku nikah. Ditambah semua surat pengantar yang didapat dari desa.

Biaya administrasi 12 ribu. Setelah semua berkas dikumpukan. Lanjut.

Langkah 5 : catatan sipil kabupaten.
Semua berkas langsung diserahkan ke loket pindah tempat. Sekedar saran, bawa salinan kk suami. Untuk memudahkan saja.. beruntung saya sudah siap.πŸ˜€ berkas- berkas urusan pranikah langsung saya bawa 1 map. Hehe.

Ohya, biaya administrasi sukarela.πŸ™‚ dokumen kepindahan baru jadi keesokan harinya. Mulai dari jam 9 pagi, saya pulang dari Nganjuk jam setengah 3. Benar- benar hari yang melelahkan.

Langkah 6 : mengambil surat dari kabupaten.
Amplop diserahkan ke kelurahan yang dituju. Sementara lembaran berisi kk asli itu bisa diserahkan ke kecamatan (atau langsung catatan sipil kabupaten) untuk membuat kk baru.

image

Yang diperoleh dari kabupaten

Biaya administrasi di kabupaten sukarela, jadi 2 – 3 minggu. Kalau lewat kecamatan bayar 15 ribu untuk ongkos transport dan ditambah 25 ribu untuk percepatan (bisa jadi 1 minggu).

Yyah… dan selesai sudah adminustrasi pindahan saya. Tinggal si mas nglanjutin ke Surabaya minggu depan.

2 thoughts on “Pindahan

^^Siilahkan berKomentar.. ^^

