must read self-help book

Ambillah aku, latihlah aku, tegaslah terhadapku, maka aku akan meletakkan dunia di kakimu. Kendorlah terhadapku maka aku akan menghancurkanmu.

Siapakah aku?

Aku adalah kebiasaan.

Bicara tentang hobi, mengumpulkan buku adalah salah satunya. Membaca, dulu masih sempat. Pas sibuk gini, duh.. waktunya loh ada tapi dialokasikan untuk yang lain. Hehe. Gitu, kalau ngajak suami belanja buku, dianya cuman geleng- geleng kepala aja lihat saya kalap. Ntar sampainya rumah baru tanya, “yang numpuk di rumah, sudah dibaca?”

Buku favorit saya adalah semua yang ditulis Ayu Utami. Seri Bilangan Fu itu tulisan terbaik yang pernah saya baca.Tapi, karena tantangannya adalah satu buku dan saya nggak bisa milih mana yang terbaik dari seri itu, maka yang terpilih adalah buku lain : The 7 Habits Of Highly Effective Teens.:mrgreen:

Buku ini saya beli dari uang hadiah Mas Luthfi (kakak kelas SMP sekaligus senior kuliah) karena IPK pertama bagus. Kenapa buku ini? Guru les Bahasa Inggris yang selalu memotifasi saya menjuluki ini sebagai buku self help terbaik. Dan ternyata benar!

Saya cukup terlambat

membacanya, sudah kuliah dan melewati masa remaja, tapi masih efektif kok buat diterapkan. Untuk mengubah kebiasaan bukan hal mudah. Nah, kalau Anthony Robbins menyajikan Giant Step, Sean Covey mengenalkan metode Baby Step. Langkah yang dilakukan sederhana tapi ampuh.

Nggak cuma kontennya yang bagus, karena buku ini untuk remaja penampilannya pun menarik. Banyak kartun lucu yang bikin senyum- senyum sendiri. Ditambah lagi gagasan- gagasan cerdik, kutipan berguna, dan kisah luar biasa tentang remaja sejati di seluruh dunia. Sean Covey benar- benar menepati ucapannya, “kalau kamu janji membaca buku ini, saya janji menjadikannya petualangan.”

Nah, untuk mengenal 7 kebiasaan efektifnya. Silakan, lakukan kebalikan dari 7 hal ini.😀

  1. Bersikap reaktif. Silakan salahkan segala masalahmu pada orangtuamu, guru- guru, atau pacarmu yang tolol. Anggaplah dirimu cuma korban.
  2. Tidak usah punya tujuan akhir. Tidak usah punya rencana. Sebisa mungkin, hindarilah sasaran- sasaran. Dan jangan pernah memikirkan hari esok.
  3. Lupakan yang utama. Apapun yang penting dalam hidupmu, tidak usah kamu kerjakan sampai puas nonton film, chating di sosial media, atau lihat- lihat internet.
  4. Usahakanlah untuk selalu menang. Pandanglah hidup ini sebagai persaingan yang kejam. Jangan biarkan siapapun sukses dalam apapun, karena, ingatlah, kalau mereka menang, kamu yang kalah.
  5. Usahakanlah untuk bicara dulu, lalu pura- pura mendengarkan. Kamu kan dilahirkan dengan mulut, jadi pakailah. Ungkapkanlah pandanganmu dulu. Begitu kamu yakin semua orang mengerti pandanganmu, pura- puralah mendengarkan dengan mengangguk dan menjawab “oo gitu yaa.”
  6. Jangan bekerjasama. Hadapilah kenyataan, orang lain itu aneh kan karena mereka berbeda darimu. Untuk apa berusaha akur dengan mereka? Karena kamu kan selalu punya gagasan terbaik, lebih baik mengerjakan sendiri.
  7. Mati- matianlah walaupun sudah kelelahan. Sibukkanlah dirimu sedemikian rupa sehingga kamu tidak pernah meluangkan waktu untuk memperbaiki dirimu. Tidak usah belajar sesuatu yang baru. Hindarilah olahraga dan jauhkan dirimu dari buku- buku baik, alam, atau apapun yang memberikan inspirasi kepadamu.

😀 Buku ini bagus banget! Bisa buat hadiah anak, teman, sepupu, atau keponakan yang ulang tahun. Hehehe.

Day 5 of 30 days blog challenge ~ A Book You Love

5 thoughts on “must read self-help book

  1. yg The 7 Habits of highly efective people juga bagus, itu buku diterbitkan ditempat kerja aku yg dulu hehe… saking bagusnya dan best seller, sampe bikin seminarnya🙂

^^Siilahkan berKomentar.. ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s