UN 2017 Ditiadakan

Perihal berita yang sekarang sedang ramai dibicarakan, saya sepintas- sepintas baca dari status sosmed murid. Mencari info- info dari google nemu berita yang intinya masih akan dirapatkan dulu oleh Pak Presiden. Jadi mungkin ini juga masih isu, seperti sekolah fullday itu, mungkin, iyya.. mungkin.πŸ˜€

Tapi, kalau seandainya benar, mari bersenang- senang dengan kemungkinan ini!

Saya teringat salah satu materi Stand Up Comedy yang dibawakan Sammy ~ not a slim boy, yang kurang lebih intinya begini, “Ujian dilaksanakan terpusat dikarenakan kekuatiran pemerintah pusat terhadap kecurangan oleh penyelenggara masing- masing daerah. Bagaimana bisa suatu sistem tidak mempercayai sistemnya sendiri? Kan ada yang salah!”

Benar juga! Sebagai orang tua kita menitipkan anak pada sekolah, yang oleh sistemnya tidak dipercaya. Hah? Ini kan tidak masuk akal.

Penilaian yang objektif seharusnya langsung oleh guru yang mengamati proses perkembangan anak. Tapi, sistem tidak mempercayai nilai dari gurunya. Untuk itulah ujian dilaksanakan dalam skala nasional. Artinya, siswa di pelosok desa yang bahkan untuk mengakses sekolah butuh mendaki gunung lewati lembah, ujiannya sama dengan siswa di tengah kota dengan fasilitas berlebih.πŸ™‚ Lalu bagaimana bisa Ujian Nasional dianggap sebagai jalan tengah yang adil?

Kekhawatiran Pak Anies (menteri pendidikan terdahulu) tentang bagaimana nanti bila siswa ingin melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi dengan nilai apa bila UN dihapus? Ya dengan nilai dari rapot juga dari keaktifan siswa yang tercatat 3 tahun di sekolahnya. Guru diberi keleluasaan untuk menilai anak didiknya. Mengembangkan potensi murid yang tidak melulu seputar hitungan atau hafalan semata. Atau bila diperlukan, sekolah bersangkutan mengadakan seleksi masuk.

Semoga saja, kebijakan UN dihapus benar adanya.πŸ™‚ Lalu penyelenggaran Ujian Akhir Sekolah berlangsung lebih khidmat dan lancar. Ammin.

37 thoughts on “UN 2017 Ditiadakan

^^Siilahkan berKomentar.. ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s