Kebijakan Ujian Nasional 2017

  1. Ujian Nasional tetap dilaksanakan
  2. Ujian Sekolah ditingkatkan mutunya menjadi USBN 2017 (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) untuk beberapa mata pelajaran
  3. Memperluas pelaksanaan berbasis komputer, baik UN maupun USBN

Ujian nasional tetap dilaksanakan, hanya saja mata pelajaran yang diujikan berkurang. Tahun sebelumnya, jurusan IPA terdapat 6 mata pelajaran : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Biologi, dan Kimia. UN tahun ini hanya 4, untuk pelajaran Kimia, Fisika, Biologi boleh dipilih salah satu.

Beberapa hari lalu, saya tanyakan ke murid, dia pilih pelajaran apa. “Biologi, Mbak. Katanya guruku, itu nanti ujiannya berdasarkan sekolah. Jadi kalau sekolah sepakat pilihannya Biologi, ya Biologi semua. Karena, untuk hitungan sudah diwakili sama Matematika.” Saya melongo.

Semoga informasi itu tidak benar. Hehe. Kan, kasihan kalau ada anak yang bakatnya di Fisika. Toh, dibikinnya aturan ini kan, supaya mereka bisa memilih sesuai bidang minat. Sementara, untuk pelaksanaan ujiannya belum ada penjelasan akan bagaimana. Kita tunggu saja. 🙂

“Pilihan mata pelajaran kita ingin fokus ke pendalaman materi. Kalau anak memilih, maka materi akan lebih dalam. Sehingga nanti hasilnya jadi luas dan mendalam. Kalau hanya tiga mata pelajaran saja nanti siswa hanya luas saja, tidak menguasai secara dalam,” Menteri Pendidikan.

Kisi- kisi UN 2017 sudah keluar akhir Desember lalu, bisa diunduh di websitenya Kemendikbud : un.kemdikbud.go.id

Jadwal pelaksanaan UN SMA dan SMP juga sudah ditetapkan.

img-20161223-wa0009

dapat kiriman jadwal dari murid

Nah, 4 bulan yang tersisa ini untuk persiapan UN dan USBN. Saya bilang ke murid, “tidak perlu kuatir nanti teknis ujiannya bagaimana, kalau kalian belajar sungguh- sungguh pasti ngerjakan ujiannya lancar.” Iya kan?

Advertisements

27 thoughts on “Kebijakan Ujian Nasional 2017

  1. Udah mau UN toh, pantesan saja pencarian paling banyak yang menuju ke blog saya adalah “ucapan selamat ujian untuk pacar”. Bukannya sibuk mempersiapkan dirinya sendiri, banyak yang lebih fokus ngurusin pacar. ckck.

  2. Saya dulu waktu smp cuma nyontek ha ha ha…. Maklum gak pandai. Soalnya takut gak lulus saya. Mungkin bagi anak2 yg pintar ujian cuma tinggal belajar doang, tapi bagi yg nggak pintar ujian jadi momok tersendiri. Sadar diri dan tidak percaya diri meskipun udah belajar sungguh2 sepanjang tahun.

  3. kalau disuruh pilih salah satu saya pilihnya pasti bilogi sih karena hafalan semua hahahaXD tapi agak engga adil sih ya masalahnya kan kemampuan tiap orang ga sama, masa yang jagi di fisika atau hitungan dipaksa hafalan..

^^Siilahkan berKomentar.. ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s